VLAN

VLAN

Dalam sistem jaringan ada dua cara untuk menghubungkan antar perangkat :
1. Menggunakan IP Address (pada umumnya)
2. Menggunakan VLAN

Pada umumnya ip address digunakan sebagai tanda pengenal sebuah perangkat yang disetting pada dua perangkat yang ingin dihubungkan pada sistem jaringan namun pada kondisi tertentu VLAN dapat menggantikan ip address tersebut dan digunakan sebagai tanda pengenal untuk menghubungkan antar perangkat.

Namun vlan tidak dikenali oleh beberapa perangkat seperti PC/laptop/printer karena tidak memiliki setting vlan didalam perangkat tersebut. VLAN biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti switch manageable atau router karena perangkat tersebut didalamnya memiliki setting vlan.

Apakah ip address tidak perlu digunakan lagi jika vlan telah digunakan?
Tidak, tentu saja ip address tetap digunakan meskipun telah menggunakan vlan karena perangkat seperti PC/laptop/printer tidak memiliki settingan vlan didalamnya sehingga untuk menghubungkan PC/laptop/printer dengan router/switch manageable tetap membutuhkan ip address.

Apa kelebihan menggunakan vlan dibandingkan ip address?
Jika ingin penjelasan lebih detail silahkan cek pada https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN. Dari sudut pandang saya, salah satu kelebihannya adalah
VLAN = 1 port pada perangkat router/switch manageable dapat disetting untuk memiliki beberapa ip address sekaligus karena 1 vlan dapat disetting memiliki 1 ip address dan 1 port dapat disetting untuk memiliki beberapa vlan.
ip address = 1 port pada perangkat router/switch manageable hanya bisa memiliki 1 ip address saja (setting normal/pada umumnya).

Kapan VLAN digunakan?
ketika anda ingin bermain pada layer 2 Data Link Layer. Jika anda ingin menghubungkan perangkat router/switch manageable dengan perangkat router/switch manageable yang lain namun anda tidak tahu berapa ip address yang digunakan atau anda tidak ingin memasang ip address pada perangkat router/switch manageable tersebut.

Jika anda ingin menghubungkan router/switch manageable langsung ke PC/laptop/printer maka anda tidak bisa menggunakan vlan.

Pada perangkat VLAN itu berupa apa?
Pada umumnya vlan itu berupa angka misalkan 1, 2, 3, 100, 200, 300, 1000, dll. angka-angka tersebut digunakan sebagai tanda pengenal atau pengganti ip address.

Bagaimana cara menggunakan VLAN untuk menghubungkan antar perangkat?
1. Buat terlebih dahulu id/nomor vlan.
2. Setting id vlan tersebut pada port perangkat Router yang digunakan sebagai gateway.
3. Jangan lupa buat ip address untuk id vlan tersebut dan pasang pada router yang akan berfungsi sebagai ip address gateway.
4. Pasang id/nomor vlan tersebut pada port perangkat router/switch manageable yang terhubung dengan router gateway tersebut.





0 komentar:

Posting Komentar