Fiber Optical Media Converter

Fiber Optical Media Converter

Fiber Optical Media converter adalah salah satu perangkat yang dibutuhkan dalam sebuah rangkaian koneksi fiber optik. Perangkat ini digunakan untuk mengkonversi sinyal dari kabel fiber optik (sinyal cahaya) menjadi sinyal yang dapat melalui kabel UTP/STP(sinyal listrik) dan juga sebaliknya. Untuk memperjelas posisi perangkat ini dalam rangkaian fiber optik, kami contohkan melalui gambar rangkaian sederhana koneksi yang menggunakan kabel fiber optik.


a. Rangkaian Sederhana Fiber Optik

Kabel fiber optik saat ini sangat banyak digunakan untuk koneksi jarak jauh dari satu lokasi ke lokasi lain dikarenakan kestabilannya dalam membawa data(data transfer), banyak provider internet dan TV Kabel seperti Telkom Indonesia, Myrepublik, MNC play, First Media, Mitra Kabel Indonesia, dll yang menggunakan kabel fiber optik ini sebagai media penyambung dari headend/server ke pelanggan-pelanggan mereka.

Namun kebanyakan dari provider internet/tv kabel tersebut menggunakan media converter berupa modem pada sisi pelanggan mereka sehingga penggunaan fiber optical media converter sangat jarang ditemui di pelanggan rumahan, biasanya perangkat ini digunakan untuk pelanggan perusahaan/gedung dikarenakan perangkat ini juga tidak murah seperti modem.

Macam-macam Media Converter

Media Converter dibagi berdasarkan jumlah core yang digunakan serta kapasitas bandwidth yang mampu dilewatkan.
Media Converter berdasarkan Jumlah Core :
A. Media Converter Single Core

b. Media Converter Single Core

Port Kabel Fiber Optik yang tersedia pada Media Converter hanya satu port. Port tersebut kami tandai dengan kotak putih. Port pada Fiber Optical Media Converter ditandai dengan tanda tulisan TX dan RX, pada Single Core port yang digunakan sebagai TX dan RX hanya satu port jadi dalam 1 port tersebut berfungsi sebagai transmitter dan receiver.

B. Media Converter Dual Core

c. Media Converter Dual Core

Port Kabel Fiber Optik yang dapat digunakan pada Media Converter ada dua port. Port tersebut kami tandai dengan kotak biru. Port pada Media Converter Dual Core masing-masing memiliki fungsi satu port berfungsi sebagai Transmitter dan port satunya berfungsi sebagai Receiver. Jika anda menggunakan media converter tipe ini, maka kabel yang ditancapkan pada port TX/Transmitter pada media converter sisi pertama dan menancapkan kabel tersebut pada port RX/Receiver pada media converter sisi kedua/sisi satunya dan sebaliknya, jika anda sampai keliru melakukan pencolokan kabel maka data tidak dapat ditransfer dengan baik melalui media converter.

Media Converter berdasarkan kapasitas bandwidth :
A. Media Converter Kecepatan Maksimal 100 Mbps

d. Media Converter Kecepatan Maksimal 100 Mbps

Media Converter ini mampu melewatkan bandwidth hingga 100 Mbps/kecepatannya hampir sama dengan kemampuan kabel UTP/STP kategori 5.

B. Media Converter Kecepatan Maksimal 1000 Mbps

e. Media Converter Kecepatan Maksimal 1000 Mbps

Media Converter ini mampu melewatkan bandwidth hingga 1000 Mbps. Media Converter ini bisa dibilang Media Converter Gigabit. Media Converter ini memiliki kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan SFP Gigabit/port fiber optik pada Router/Switch. Pada saat menggunakan Media Converter ini pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat anda(Router/Switch) memiliki port yang support pada kecepatan gigabit sehingga bisa berfungsi secara maksimal.

Beberapa Arti dari Indikator yang muncul pada Media Converter

Pada media converter terdapat lampu led didekat port kabel FO dan kabel STP/UTP yang berfungsi sebagai lampu indikator yang menunjukkan kondisi jaringan secara real time. berikut beberapa kondisi lampu indikator yang muncul pada media converter :

A. Indikator Pertama

f. Lampu Indikator Power Menyala

Seperti yang terlihat pada gambar ada keterangan PWR dibagian bawah lampu artinya Lampu tersebut menunjukkan indikator status power media converter. Jika tidak ada kendala pada media converter maka pada saat kabel adaptor yang telah dicolokkan kestop kontak/sumber listrik lalu ujungnya dicolokkan ke port power media converter maka media converter tersebut akan menyala. Jika lampu tersebut menyala artinya media converter dalam kondisi menyala, jika sebaliknya maka media converter dalam kondisi mati/tidak teraliri listrik.

B. Indikator kedua

g. Lampu Indikator Fiber Optik Menyala

Jika lampu indikatornya pada bagian bawah tulisan FX menyala artinya sambungan fiber optik dalam kondisi baik/tersambung. Jika lampu indikatornya tersebut mati artinya sambungan fiber optik dalam kondisi putus/FO cut. untuk memastikannya anda bisa menggunakan Optical Power Meter untuk melihat apakah ada arus cahaya yang lewat atau tidak jika bernilai 0/nol maka artinya tidak ada arus cahaya yang lewat. Setelah itu gunakan alat OTDR(Optical Time Domain Reflectometer) untuk mengecekan perkiraan titik putus/lokasi FO cut kabel fiber optik anda.

C. Indikator ketiga

h. Lampu Indikator UTP/STP Menyala

Jika lampu indikator dibawah tulisan TX menyala maka artinya kondisi kabel LAN/UTP/STP anda baik/tersambung. Jika lampu indikator dibawah tulisan TX mati artinya kondisi kabel LAN/UTP/STP anda putus/mengalami masalah. Untuk mengecek kabel sambungan UTP/STP anda bisa menggunakan alat LAN Tester, pasang alat tersebut pada masing-masing ujung kabel UTP/STP dan cek nyala lampu dari 1-8 apakah dalam kondisi menyala semua atau tidak jika mati total kemungkinan sambungan ditengah ada yang putus entah karena digigit tikus atau tidak sengaja terpotong benda tajam. Jika dalam kondisi menyala hanya pada beberapa lampu antara 1-8 maka bisa jadi hasil krimping anda keliru sehingga perlu dilakukan krimping ulang.

D. Indikator keempat

i. Lampu Indikator Menyala Semua

Jika lampu indikator menyala semua seperti ini artinya sambungan dari end user satu ke end user kedua tersambung dengan baik serta kondisi sambungan LAN/UTP/STP dan kondisi sambungan fiber optik dalam kondisi baik/tersambung. Jika lampu indikator yang menyala berkedip kedip artinya bandwidth telah dilewatkan pada sambungan LAN/UTP/STP dan sambungan fiber optik.

56 komentar:

  1. ijin bertanya gan,kalo indikator dibawah fx ( sambungan FO ) menyala tapi redup artinya apa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo berdasarkan dari pengalaman biasanya lampu indikator fx/FO biasanya hanya mati/nyala gan. klo redup kemungkinan ada masalah dgn lampu indikator pada media converter tersebut.
      saya rekomandasi untuk media converter pakai merk ini :
      1. low budget&jarak dibawah 10km (HTB/netlink)
      2. high budget&jarak bisa diatas 20km (optone)

      Hapus
    2. Apa penyebabnya lampu link kadang pelan kada cepat??
      Mohon pencerahannya🙏

      Hapus
  2. Mau tanya bos lampu dibawah tulisan FX mati gimana solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusi :
      1. ganti media converter.
      2. kemungkinan sambungan FO anda bermasalah cek pakai Optical power meter(OPM) dan OTDR.

      Hapus
  3. mau tanya Pak, jika saya menggunakan FOC lalu disambung ke FO Switch lalu ke cctv, apakah bisa? hal yg peru dipertimbangkan apa aja ya?Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman saya, saya belum pernah melihat CCTV yang support kabel FO(FOC). Yang saya tahu CCTV hanya support dua kabel yaitu kabel coaxial dan kabel UTP. Jika anda berencana menggunakan kabel FO(FOC) maka anda menggunakannya untuk menghubungkan antara switch satu dengan switch lain dilokasi yang berbeda menggunakan perantara alat bernama SFP yang dipasang pada switch.

      Hapus
  4. Mau bertanya pak. Jika lampu indikator kedip lambat kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mohon maaf, karena saya kurang tahu detail terkait nyala lampu media converter. Yang saya tahu hanya tiga indikator yaitu lampu nyala, lampu mati, dan lampu berkedip.

      Hapus
    2. Kalau indikator di bawah tx dan fx tdk berkedip indikasi apa om ?

      Hapus
  5. Mau tanya pak, perbedaan converter A dan B itu terletak pada bagian apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu biar bisa dipakai. Kayak sandal harus kiri kanan klo kanan semua ga bs dipake

      Hapus
    2. Kedua media converter tersebut (converter A dan B) berfungsi sebagai transmitter dan receiver sekaligus. Jika ditanya terkait perbedaan, perbedaan tersebut sepengetahuan saya, saya temukan pada media converter single core, dimana converter A mempunyai panjang gelombang 1310 nm dan converter B mempunyai panjang gelombang 1550 nm.

      Hapus
    3. Cara membedakannya bagaimana?

      Hapus
  6. klu lampu indikator fdx tidak menyala apa artinya om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fo nya sambungan ga? Ada yg melipat ga kabel fo nya, coba periksa

      Hapus
    2. kemungkinan mode full duplex pada media converter tersebut tidak berfungsi/tidak bekerja. Hal ini berhubungan dengan penerimaan dan pengiriman data.

      Hapus
  7. kalo semua lampu indikatornya nyala redup dan tidak bisa akses wfi hanya menyambgungkan saja apakah kemungkinan converternya yang rusak/ada kabl yang putus pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo lampu nyala semua harusnya converter ga bermasalah. Mungkin routernya atau internet bermasalah

      Hapus
    2. terkait masalah wifi yang tidak terhubung ke internet, perlu dilakukan pengecekan pada jaringan secara bertahap pak mulai dari end user hingga ke router dan ke ISP. coba anda gambarkan terlebih dahulu topologi jaringan anda dikertas secara akurat sehingga memudahkan anda dalam pengecekan kendala dalam jaringan anda.

      Hapus
  8. Mau tanya pak, sy mau pasang Internet provider Fiber optik, tapi saya mau convert dari fiber optik ke coaxial karena rumah saya sdh disetting instalasi kabel coaxial, apakah bisa menggunakan konverter fiber to Lan ? Nanti dari Lan masuk lagi ke router dgn output Coaxial ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejujurnya saya belum memiliki pengalaman terkait kendala anda. Namun saya memiliki sedikit saran.
      1. Jika anda memang masih ingin menggunakan instalasi kabel coaxial, saya sarankan anda membeli media converter coaxial(coaxial to utp) karena saya tidak pernah melihat merchant yang menjual media converter FO ke coaxial. UTP nanti disambungan ke media converter FO dari internet provider FO anda.
      2. Sebenarnya sangat disayangkan jika instalasi kabel anda masih coaxial karena saya kurang yakin apakah bandwidth dari internet provider FO tersebut bisa digunakan secara maksimal sampai ke end user(anda) atau tidak.

      Hapus
  9. Mau tanya,media converter sy sering rusak saat hujan n ada petir. Apakah rusak krn kesambar petir? Pdhl petirnya jauh dr rmh. Solusinya gmn y gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejujurnya saya kurang begitu paham mengenai kelistrikan, namun saya pernah memiliki pengalaman serupa ditempat kerja saya. Solusinya adalah memperbaiki sistem ground/perkabelan/instalasi listrik di rumah anda.
      Media converter tampaknya rentan oleh petir dan selalu menjadi perangkat elektronik jaringan pertama yang rusak dibandingkan switch dan router saat dilokasi yang sama.

      Hapus
  10. Saya beli htb netlink baru, sya pasang lampu dibawah tx tidak nyala gan, pdhal kondisi kabel lan bagus, sudah beberapa ganti kabel lan jg ndak mau nyala ndak mau konect. Apanya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika anda merasa bahwa kabel anda sudah bagus dan hasil krimping sudah sesuai (menggunakan LAN Tester) maka kemungkinan masalahnya ada diantara dua ini pak.
      1. port lan dari media converter HTB anda rusak atau
      2. port lan dari perangkat anda(switch/modem/router) yang rusak

      Hapus
  11. Kalo Lampu Dibawwh TX ( samping tulisan 100 ) Mati Setelah 2 Menit Dicolok kabel UTPnya . itu gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ketemu solusinya gan? Sayajuga gitu nih. Mesti cabut colok adaptornya baru mau normal

      Hapus
    2. maaf saya ingin menanyakan apakah setelah lampu tersebut mati, jaringan internet anda langsung terputus?

      kemungkinan media converter anda rusak dan perlu diperbaiki atau beli media converter baru.

      Hapus
  12. Klo lampu htb A ga nyala yg di bawah fx 2,tapi htb B nyala semua ,itu kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mengalami hal serupa terkait menggunakan media converter merk HTB. selama jaringan internet anda tidak bermasalah atau mati ketika mengalami hal tersebut, maka hal tersebut dapat anda abaikan.
      jika anda menggunakan merk seperti flextreme atau optone anda tidak akan mengalami kendala tersebut.

      Hapus
  13. Bang mau tanya nih kemampuan dari sebuah comverter kl di hitung dr jarak ada batasan tidak, terus satu lagi kalau semua perangkat itu sudah ok semua tapi pas mau di pake minta alamat IP bagaimana itu terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja ada, setiap media converter memiliki batasan jarak, namun batasan itu tidak dicantumkan pada merk merk tertentu seperti HTB.
      terkait permintaan alamat ip address tidak ada hubungannya dengan media converter pak, karena media converter hanya bekerja pada layer 1 saja sedangkan ip address itu bekerja pada layer 3 seperti perangkat router.

      Hapus
  14. Bang ,jika lampu indikatornya yang nyala hanya seperti gambar di (C.indikator ketiga) apa ada penyebab lain ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebabnya karena sambungan FO anda bermasalah.
      kemungkinan masalah ada diantara :
      1. port FO media converter tersebut kemungkinan rusak atau
      2. sambungan FO kemungkinan putus atau
      3. port FO medua converter disisi satunya/dilokasi lain kemungkinan rusak

      Hapus
  15. Jika 2 lampux nda menyala bgmna pak

    BalasHapus
  16. mau tanya pk, tiba2 lampu indikator fo saya mati. tp di cek kabel normal. kira2 apa nya pak. apakah semakin banyak sambungan mempengaruhi nya. tetima kasih mohon jawaban ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mohon maaf jika saya keliru karena pengalaman FO saya masih dasar.
      penyebab lampu indikator fo mati kemungkinana penyebabnya ada diantara :
      1. port FO media converter tersebut kemungkinan rusak atau
      2. sambungan FO kemungkinan putus atau
      3. port FO medua converter disisi satunya/dilokasi lain kemungkinan rusak.
      jika yg nomor dua anda anggap tidak masalah maka dilakukan pengecekan untuk nomor satu dan tiga pak.

      secara teori, banyaknya sambungan dalam FO menyebabkan nilai rugi-rugi/nilai redaman FO semakin tinggi. Jika nilai redaman semakin tinggi maka kekuatan cahaya yang sampai di end user akan semakin redup/kecil yang artinya akan semakin susah diterima oleh media converter disisi end user. Perhitungkan kemampuan jarak yang dimiliki media converter dengan sambungan yang existing/saat ini ada pada jaringan FO anda.
      jika jaraknya dekat maka gunakan media converter kemampuan jarak 25km untuk jarak jauh gunakan media converter kemampuan jarak 40km.

      Hapus
  17. Pak artinya act sama link apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lampu indikator act/link digunakan oleh kedua indikator FX/FO dan TX/UTP.
      jika act/link FX menyala maka koneksi FO nya baik, jika berkedip berarti terjadi proses pengiriman/penerimaan data.
      jika act/link TX menyala maka koneksi UTP/LAN nya baik, jika berkedip berarti terjadi proses pengiriman/penerimaan data.

      Hapus
  18. Saya khan narik fo make 1 core 1Km. Nah ini cek signal dari b(opm) ke a(converter) itu ada signal. Tapi pas test a(opm) ke b(converter) itu kaga ada signal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf maksudnya ada sinyal disini muncul/tidaknya nilai redaman pada hasil pengecekan opm, pak?
      lalu apakah media converter dikedua sisi(a dan b) menyala dengan normal pak ketika disambung menggunakan core 1 km tersebut? apakah internet/bandwidth sudah dialirkan melalui fo tersebut?

      Hapus
  19. izin nanya gan,
    kalau indikator htb yang B fx nya 1 dan 2 mati. tapi lampu ke 3 kedip2.
    kalau yang A seperti normal. hanaya indikaroe fx 1 dan 2 mati. yang lain hidup.
    imni kenapa ya ? rusak dimananya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam kondisi seperti itu bagaimana kondisi internet agan? normal? atau bermasalah?

      kejadian tersebut juga saya alami saat menggunakan media converter merk htb, jika anda tidak ingin mengalami hal tersebut gunakan media converter merk optone atau flextreme.

      Hapus
  20. Ijin nanya gan saya pake htb 2fo 1 lan non poe dan satunya htb 2fo 1lan poe,tpi kenapa yang hbt poe salah satu portnya hasilnya gak maksimal,padahal dicek redaman ok,tapi data salah satu portnya jele.dimana letak kesalahan,apa htbnya gak suport kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan, saya bukan supplier media converter HTB, jadi saya tidak bisa memberi saran atau info apapun terkait kendala anda.
      dan saat ini, media converter dengan dual core sudah jarang digunakan, kebanyakan media converter yang digunakan saat ini mode single core.

      Hapus
  21. Kalau lampu htb berkedip2 terus semua gmn bang..

    BalasHapus
  22. Bang. Mau tanya. Apa konsekuensinya jika Side A di pasangkan dengan Side A pula untuk waktu yg lama,, apa converter tersebut akan rusak,, atau tidak ada efek sama skali? Terima kasih.

    BalasHapus
  23. Permisi sehu... Minta pencerahan nya dong.
    Konverter saya sering mati, kendalanya dari apa ya itu?

    BalasHapus
  24. mau tanya bang punya saya lampu indikator fxnya mati nyala terus trus lampu indikator yg lain mati cara atasinya gmna ya bang?

    BalasHapus
  25. Kalau tiba" router ke 2 terhubung tanpa internet apa masalahny ya bang padahal tadinya normal, lampu htb A&B nyala smua trus drouter 1 tidak terdeteksi sbagai client

    BalasHapus
  26. Mau tanya pak, jika setelah ada petir internet langsung terputus, apa yg harua diperiksa?

    BalasHapus
  27. Izin bertanya,lampu wifi hanya menyala 4saja itu kenapa ya?karna sering sekali elor nya

    BalasHapus
  28. Ijin bertanya ..kalu lampu dibawah TX tidak menyala satu ,hanya di bagian atas saja itu kanpa gan???
    Mohon infonya

    BalasHapus
  29. Izin bertanya...
    Klo Lampu HTB A dan B menyala normal sambungan langsung modem ok... Tapi ketika di pindahkan ke jalur mikrotik tidak ada internet...

    BalasHapus