Cara Setting MIkrotik Dari Awal

Cara Setting Mikrotik Dari Awal Sampai Konek Internet (Modem Indi Home)

Saya udin disini ingin memberikan tutorial singkat tentang cara setting menggunakan router mikrotik RB750 r2 dari awal sampai pc client bisa terhubung ke internet. Kebetulan ini berdasarkan pengalaman saya bekerja sebagai IT Support, dan ditempat kerja saya menggunakan koneksi modem indi home artinya dari topologinya kira kira seperti ini garis besarnya dari pc client terhubung ke switch/hub lalu ke router mikrotik lalu ke modem indi home lalu ke internet. Untuk memudahkan gambaran topologinya saya tunjukkan melalui gambar.


1. Login melalui mikrotik

Cara untuk setting mikrotik bisa melalui media apa saja seperti website atau aplikasi winbox. Kali ini kita coba remote mikrotik via winbox. Bagi teman-teman yang belum punya bisa download disini


Untuk awal-awal karena belum diberi IP Address pada mikrotiknya maka :
1. Pilih tab Neighbors
2. Jika PC client kamu sudah terhubung ke router maka pasti muncul seperti nomor 2, jika nomor 2 belum muncul berarti koneksi kamu bermasalah dan tidak terhubung ke router. Jika pc kamu terhubung ke lebih dari 1 router mikrotik maka MAC Address yang muncul lebih dari 1. Pada contoh diatas hanya ada 1 MAC Address saja. lalu klik pada nomor Mac Address tersebut.
3. Pada kolom connect to: akan muncul sendiri nomor MAC Address yang sudah diklik tadi, karena masih awal maka kosongi saja passwordnya.
4. Jika teman-teman gak ingin passwordnya tersimpan diwinbox maka hilangkan tanda centangnya karena jika dicentang jika teman-teman membuka winbox lagi password akan muncul otomatis
5. Jika sudah selesai semua tinggal klik Connect

2. Setting IP Address


1. Pilih menu IP
2. Pilih submenu Address
3. Klik tanda + untuk menambahkan IP Address baru baik untuk IP ke WAN ataupun IP ke LAN
4. Pada kolom Address ketikkan IP Address yang sudah kamu tentukan, saya ketik IP Address ke LAN 192.168.2.1/24 dimana /24 adalah subnet masknya yang menyediakan host dari 1-254.
Pada kolom Network ketikkan IP Networknya yaitu 192.168.2.0
Untuk interface pilih ethernet yang terhubung ke arah PC Client untuk IP ke LAN. Jika ingin terhubung ke IP ke WAN pilih ethernet yang terhubung ke arah modem.
5. Jika selesai klik OK
6. Untuk kasus saya IP ke WAN saya menggunakan fasilitas DHCP Client dari mikrotik karena saya terhubung ke modem indi home bukan IP Publik. Jika teman-teman menggunakan IP Publik ulangi saja mulai langkah ke 3-5.

3. Setting IP DHCP Client


1. Pilih menu IP
2. Pilih submenu DHCP Client
3. klik tanda + untuk menambahkan koneksi IP DHCP dari modem indi home
4. Pada interface pilih ethernet yang terhubung ke modem indi home teman-teman.
Untuk Use per DNS dan Use per NTP bisa dicentang.
Untuk Add Default Route pilih yes
5. Jika selesai klik OK

4.  Setting DNS


1. Pilih menu IP
2. Pilih submenu DNS
3. Ketikkan IP DNS pada kolom Servers jika ingin ditambahkan IP DNS maka tinggal klik tanda panah bawah jika ingin menghapus tinggal klik tanda panah atas.
Yang saya ketikkan pada router adalah IP DNS telkom Astinet jika ingin menggunakan IP DNS Google juga gak ada masalah selama bisa konek aja.
IP DNS Astinet : 118.98.44.20, 118.98.44.50
IP DNS Google : 8.8.8.8, 8.8.4.4
4. Centang pada Allow Remote Requests
5. Jika selesai semua klik OK

5.Setting Firewall NAT



1. Pilih menu IP
2. Pilih submenu Firewall
3. Pilih tab NAT
4. Klik tanda + untuk menambah setting NAT baru
5. Pilih Tab General
6. Chain pilih srcnat
Src Address ketikkan IP Network dan subnet dari LAN/jaringan lokal teman-teman disini saya ketik 192.168.2.0/24.
7. Pilih Tab Action
8. Pilih Action untuk Masquerade. Action ini digunakan supaya seluruh ip jaringan local kita bisa terhubung ke internet. Artinya jika IP address LAN anda tidak bisa terhubung ke internet anda perlu mengecek setting ini.
9. Jika selesai semua lalu klik OK

6. Setting Routing


1. Pilih IP
2. Pilih submenu Routes
3. Pilih tab Routes
4. Klik Tanda + untuk menambah jalur Routing
5. Untuk Dst Address biarkan saja bernilai 0.0.0.0/0 yang artinya tujuan dari koneksi adalah seluruh IP yang ada didunia/IP Internet&IP local
Untuk Gateway ketikkan IP modem. Saya mengetikkan 192.168.1.1 yaitu IP Modem Indi Home. Disebelah kolom ip jika berhasil dan Modem sudah terhubung ke mikotik hasilnya reachable namun jika gagal terhubung/tidak terhubungan maka hasilnya unreachable jadi periksa lagi koneksi anda.
6. Jika sudah selesai klik OK

7. Setting IP Address Static pada PC Client


Setelah selesai semuanya cobalah setting IP Address static pada PC Client/PC teman-teman kantor anda yang  diminta untuk terhubung ke internet atau terhubung dalam satu LAN.
Klik kanan gambar icon computer pada kanan bawah.
1. Pilih Properties
2. Klik kiri 2X pada internet protokol version 4
3. Klik use the following IP Address
ketikkan pada kolom IP Address, IP Address dari PC client tersebut misal 192.168.2.114
ketik subnet mask 255.255.255.0 karena menggunakan subnet /24
ketik IP Address Router ke LAN pada kolom Default Gateway yaitu 192.168.2.1
Untuk DNS bisa diisi IP Address DNS Asinet/IP Address DNS Google untuk saya sendiri saya ketikkan lagi IP Address Router ke LAN 192.168.2.1 pada kolom Preferred DNS Server sehingga dia langsung mengambil IP DNS otomatis dari router. Jadi walaupun kita mengganti ganti IP DNS di Mikrotik tidak ada masalah pada pc client dan tetap terhubung ke internet.


Sekian tutorial dari saya tentang cara setting Mikrotik mulai dari nol hingga PC Client bisa terhubung ke internet. Semoga bermanfaat untuk teman-teman.

0 komentar:

Posting Komentar