Mikrotik Atasi IP Dynamic Dengan IP Cloud

Mikrotik Atasi IP Public Dynamic Dengan IP Cloud (Dynamic DNS/DDNS)

Bagi teman-teman yang kantornya/perusahaannya/warnetnya menggunakan koneksi internetnya via modem speedy atau indihome yang pastinya memiliki IP Publik dinamik/yang berubah ubah sering terkendala pada saat ingin remote router Mikrotiknya melalui internet dari rumah atau kantor cabang atau dari lapangan. Hal ini juga dialami pada saat ingin menghubungkan koneksi lokal kantor cabang dengan koneksi lokal kantor pusat yang bisa jadi berbeda kota/berbeda pulau. Dan terkadang kitapun juga tidak tahu IP Publik yang digunakan pada saat kita butuh itu berapa.

Masalah ini terpecahkan dengan menggunakan Mikrotik Routerboard yang menggunakan RouterOS versi 6.14 dan keatasnya. Pada menu RouterOS tersebut ada fasilitas bernama IP - Cloud. IP Cloud ini akan menyimpan IP Publik Dinamik yang didapat dari Modem Speedy dan Indihome kedalam sebuah Alamat Link DNS tertentu yang sudah disediakan oleh Mikrotik dimana semua Alamat Link DNS bersifat unik dan berbeda antara router Mikrotik satu dengan router Mikrotik yang lain. Karena Alamat Link DNS untuk menyimpan IP Publik Dinamik ini didasarkan pada nomor serial hardware Router Mikrotik.

Berikut cara setting IP Cloud :
1. Aktifkan IP Cloud


1. Pilih menu IP
2. Pilih Submenu Cloud
3. Centang pada DDNS Enabled dan Update Time
4. Klik tombol Force Update untuk memaksa router mencari IP Public Dynamic modem Speedy/Indihome
5. Jika selesai klik OK

2. Memaksa Mendapatkan IP Publik Dinamik Pada Wan Tertentu


Cara ini sebenarnya lebih baik digunakan jika anda memiliki lebih dari 1 WAN/jalur koneksi Internet. karena pada kasus saya, perusahaan tempat saya bekerja memiliki 3 koneksi WAN yaitu Telkom Indihome, Telkom Astinet dan First Media maka saya menggunakan cara ini. Jika anda tetap ingin menggunakannya silahkan.

1. Pilih menu IP
2. Pilih submenu Routes
3. Pilih Tab Routes
4. Klik tombol + untuk menambahkan setting routing
5. Pada kolom Dst. Address ketikkan : 81.198.87.240
Pada kolom Gateway ketikkan IP Address modem yang digunakan disini saya ketik IP Modem First Media 192.168.10.1
6. Jika selesai klik OK
7. Ulangi langkah no.4 - langkah no.6 namun pada Dst Address ketikkan 91.188.51.139.

81.198.87.240 dan 91.188.51.139 adalah IP Address default dari DNS Mikrotik jadi semua koneksi internet yang ingin masuk ke router Mikrotik kita dipaksa melalui jalur First Media (pada kasus saya). Saya tambahkan setting ini untuk menstabilkan koneksi IP Cloud Router Mikrotik.

3. Settingan untuk mendapatkan ip publik dinamik secara otomatis masuk ke DNS


0 komentar:

Posting Komentar