Balik Nama Sepeda Motor Surabaya

Prosedur Balik Nama STNK&BPKB Sepeda Motor Surabaya


Berikut adalah pengalaman saya melakukan Balik Nama STNK&BPKB kendaraan sepeda motor.

Saya berangkat dan sampai dikantor salah satu kantor samsat di Surabaya sekitar jam 8.50. Karena momen pada saat saya melakukan balik nama adalah pada saat akhir tahun dan promo pemutihan maka kondisinya pada saat itu banyak sekali pengguna sepeda motor yang mengantri. Karena itu saya sarankan jika anda ingin sedikit sepi saat proses balik nama adalah saat diluar momen pemutihan.

Langkah 1
Saya pergi kebagian informasi untuk menanyakan apakah pemilik stnk lama/sebelumnya terdaftar atau masuk wilayah samsat tersebut atau tidak. karena di Surabaya memiliki 4 wilayah samsat yaitu samsat utara, samsat selatan, samsat barat, dan samsat timur. Karena itu jika terjadi perbedaan wilayah antara pemilik sebelumnya dan pemilik baru kendaraan harus melakukan mutasi keluar dan masuk kendaraan juga. Kebetulan pada kasus saya pemilik sebelumnya dan pemilik baru pada satu wilayah samsat yang sama sehingga tidak perlu melakukan mutasi.

Langkah 2
Pergi ke bagian cek fisik dan meminta stempel pada STNK lama bahwa kita akan melakukan balik nama STNK&BPKB

Langkah 3
Mengambil formulir untuk balik nama STNK&BPKB

Langkah 4
Fotokopi STNK lama, KTP pemilik baru kendaraan, BPKB.
Dari penglaman saya semua fotokopi tersebut kena biaya sekitar 17 ribu. kalo saran dari saya untuk STNK, KTP, BPKB sebaiknya di fotokopi didekat rumah saja dan paling tidak difotokopi dua kali buat jaga-jaga. Jadi kalaupun ada fotokopi lagi mungkin tinggal fotokopi formulir.

Langkah 5
Kembali ke loket pengambilan formulir unuk minta stempel ke formulir dan fotokopi STNK, BPKB, dan KTP

Langkah 6
Menyiapkan kendaraan bermotor(sepeda motor) yang akan dilakukan balik nama diantrikan pada lokasi cek fisik untuk dicek nomor mesin kendaraannya. Anda akan mendapat antrian cek fisik kebetulan pada saat saya cek fisik cukup ramai sehingga mendapat antrian 106 padahal pengecekan fisik masih diantrian sekitar 41-46. Sambil menunggu antrian anda akan diminta mengisi formulir.
Pengisian Formulir anda bisa melihat data pada KTP dan STNK lama anda.

Langkah 7
Setelah melakukan cek fisik anda harus menunggu sebentar, petugasnya baru akan memberikan formulir hasil pengecekan setelah memenuhi kuota pengecekannya misalkan setelah cek fisik 5-10 kendaraan sekaligus untuk cek fisik sepeda motor.

Langkah 8
Setelah itu ke loket pendaftaran

Langkah 9
Pergi ke loket Blokir/BPKB yang ada tanda jasa raharja diatasnya untuk mengurus administrasi perubahan data BPKB karena melakukan balik nama. Anda akan mengantri diloket ini.
Biaya administrasi : Sepeda Motor (Rp 225.000), Mobil (Rp. 325.000)

Langkah 10
Anda akan diminta menunggu karena berkas yang diproses cukup banyak dan berkas anda masuk antrian. Jika berkas anda sudah selesai diproses nama anda akan dipanggil. Saran dari saya, anda perlu menuliskan nama pada kertas MAP yang diberikan petugas untuk memudahkan petugas memanggil nama anda saat proses administrasi selesai. Dan anda akan diberikan berkas untuk keloket selanjutnya.

Langkah 11
Anda masuk keloket untuk membayar pajak kendaraan. Setelah menyerahkan berkas ke petugas anda akan diminta mengantri lagi. Anda menunggu sampai nama anda dipanggil. Setelah nama anda dipanggil anda akan diminta membayar pajak kendaraan dengan nilai tertentu dan anda cukup membayar sesuai biaya pajak yang ditentukan. Setelah selesai membayar berkas anda akan diproses lagi lalu anda menunggu untuk dipanggil lagi.

langkah 12
Nama anda akan dipanggil dan anda akan mendapatkan STNK yang baru yang sudah balik nama dan sudah terbayar pajaknya. Dan anda diminta mengisi buku bahwa anda sudah menerima STNK yang baru, disitu anda akan mengisikan nama, nopol baru, alamat, dan tanda tangan. Anda akan menerima tanda terima bahwa BPKB anda baru bisa diambil kurang lebih 4 bulan(untuk balik nama).

Langkah 13
Anda pergi ke loket pencetakan nopol baru. Petugas akan meminta stnk yang baru untuk dicek dan akan mencetakkan plat nopol yang baru yang sesuai dengan yang tercantum pada stnk yang baru. Anda akan menunggu hingga proses pencetakan plat nopol baru selesai dan anda akan menerima dua plat nopol baru dari petugas.

Langkah 14
Jika anda merasa bahwa plastik pembungkus STNK lama anda rusak anda bisa membeli plastik pembungkus STNK ditempat fotokopi didalam samsat harganya sekitar Rp 1000 per satuan.

Sekian adalah prosedur yang pernah saya alami untuk melakukan balik nama kendaraan sepeda motor saya disalah satu samsat di Surabaya. Bisa jadi prosedur tersebut mungkin berbeda pada saat ada perbedaan kota/provinsi namun secara umum prosedurnya bisa jadi sama. Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar