Bandwidth Management PCQ 2 WAN Queue Tree

Bandwidth Management PCQ 2 Jalur WAN 1 Jalur LAN Menggunakan Queue Tree

Bandwidth adalah batas kecepatan kita dalam berinternetan secara bahasa awamnya kira-kira seperti itu. Dan masing-masing provider memiliki kebijakan pembagian kecepetan masing-masing. Pengaturan Bandwidth akan cukup terasa pada saat para pengguna internet dalam satu kantor/lingkup menggunakan internet secara bersamaan dan penggunaan kecepatannya/beban internet nya cukup tinggi secara bersamaan.

Karena itulah dibutuhkan sistem pembagian bandwidth yang dirasa cukup adil sehingga tidak ada pengguna merasa iri satu sama lain dan tidak saling mengganggu sesama pengguna internet. Untuk pembagian bandwidth dengan jumlah pengguna cukup banyak, akan dirasa cukup sulit apalagi bila yang handle jaringan hanya satu orang. Berdasarkan pengalaman bekerja saya sebagai IT, saya memilih metode PCQ ini sebagai metode untuk pembagian bandwidth yang cukup terbaru dan memudahkan untuk perhitungan pembagian bandwidth secara otomatis sehingga kita tidak perlu melakukan perhitungan rumit untuk bandwidth dengan jumlah pengguna yang cukup besar.

Berikut adalah cara saya menerapkan pembagian bandwidth menggunakan metode PCQ dimana koneksi WAN saya ada 2 provider yang berbeda dan jaringan LAN saya juga dibagi menjadi 2 ke masing-masing koneksi WAN.

1. Saya buat list IP Address LAN yang ingin diarahkan ke masing-masing WAN

LAN ke WAN FM

LAN ke WAN IH

yang pertama adalah List IP Lokal yang saya arahkan ke koneksi FM
yang kedua adalah List IP Lokal yang saya arahkan ke koneksi IH

2. Kita buat pengaturan di Firewall Mangle

 Pengambilan Paket Upload koneksi FM

 Pengambilan Paket Upload koneksi IH

  Pengambilan Paket Download koneksi FM

 Pengambilan Paket Download koneksiIH

Disini kita buat settingan di Firewall - Mangle untuk memetakan dan mengecek paket data yang melawati masing-masing koneksi WAN baik transaksi download maupun upload keduanya harus ditandai.

3. Kita buat Settingan metode PCQ untuk download dan upload

Tambahkan settingan PCQ download dan upload

Settingan PCQ masing-masing WAN download dan upload

Disini kita gunakan metode PCQ untuk perhitungan pembagian bandwidthnya pada saat penggunaan internet untuk download dan upload berjalan sehingga kita tidak perlu menghitung pembagian bandwidth sendiri pada saat internet digunakan user.

4. Kita buat sistem pembagian bandwidth menggunakan Queue Tree

 Tambahkan setting pembagian bandwidth pada Queue Tree

Buat setting pembagian bandwidth untuk download masing-masing WAN

 Buat setting pembagian bandwidth untuk upload masing-masing WAN

Pada tahap ini kita masuk kelangkah terakhir yaitu memasukkan semua settingan sebelumnya ke Queue Tree. Disini saya sebenarnya ingin menggunakan metode Simple Queue yang menurut saya jauh lebih mudah namun ternyata penggunaan PCQ untuk model koneksi dua WAN dan menggunakan mangle agak susah digunakan pake simple queue sehingga saya putuskan menggunakan queue tree sebagai penggantinya.

Setelah melakukan semua langkah setting diatas silahkan dicoba dicek apakah pembagian bandwidth anda sudah mulai terasa ada perubahan. Sebenarnya metode ini saya gunakan karena dikantor kerja saya menggunakan load balance karena menggunakan 2 koneksi WAN artinya metode saya diterapkan dengan situasi tersebut. Artinya settingan saya akan berubah sesuai situasi toplogi jaringan kantor anda.

Sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat bagi teman-teman IT lovers.




1 komentar: