Belajar Trading 12032020

Belajar Trading 12 maret 2020 Menggunakan FX Primus


Saya akhir akhir ini belajar tentang trading CFD, dan saya ingin berbagi pengalaman saya trading tersebut. saya mohon maaf jika mungkin cara saya terlihat amatir karena saya memang bukan profesional trader, saya masih baru belajar trading. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi anda yang ingin belajar trading.

Sekedar info saja, per 9 maret 2020 waktu open market untuk pasar saham amerika dimulai pukul 20.30 WIB karena pada hari hari sebelumnya dimulai pukul 21.30 WIB (biasanya terjadi selama musim dingin/salju).

Beberapa yang saya alami selama trading :

1. Pada hari kami 12 maret 2020, tiba tiba software trading berhenti maksudnya candlenya tidak bergerak dan tidak ada pergerakan transaksi. Hal ini terjadi pada sekitar pukul 20.35. Awalnya cukup membuat panik, lalu saya cek kewebsite, ternyata website fxprimus juga tidak dapat diakses. namun pada pukul 20:50 tiba tiba candle muncul dan transaksipun mulai bergerak.

2. Setelah belajar beberapa kali, tidak dipungkiri bahwa saya mengalami banyak loss yang bisa dibilang cukup banyak. Dan saya tersadar bahwa keuntungan dengan nilai sedikit atau banyak dalam trading itu pada hakikatnya sama selama masih plus/profit namun jika sudah bernilai minus/loss apalagi nilainya banyak maka kita bisa stress dan sedikit kesal dan kadang dalam hati berkata kenapa gak begitu gak begini kenapa saya terburu buru dan saya membuat buat banyak alasan atas hasil loss/minus saya. Pada akhirnya saya sampai pada kesimpulan bahwa hasil trading itu tidak mengacu pada seberapa besar saya mendapat nilainya tapi apakah saya mendapat nilai plus atau minus dalam 1 hari trading dengan nilai berapapun.

Orang-orang/profesional trader sering menyebut ini sebagai management emosi/management money.

3. Saya ingin share beberapa screenshot saham yang saya tradingkan setiap hari.

Saya coba untuk trading saham apple dengan kode AAPL


Kita cek dari gambarnya dari garis MA yang ada MA garis merah, biru, dan kuning menunjukkan bahwa arah tren market adalah turun/sell maka kita cari candle di apple yang berwarna merah dan mendekati garus MA kuning.


Candle yang ditandai oleh panah hijau ini, kita masuk transaksinya pada candle ini


Transaksi dilakukan pada sekitar pukul 17:25 artinya sekitar pukul 21:25 WIB berarti pada pukul 21:29 atau menit ke 9 mulai bersiap siap melakukan transaksi.

Jika dilihat dari hasil candle, baru profit pada candle ke 4 dari candle pertama setelah open transaksi.

Namun kenyataannya sebenarnya pada candle putih atau candle kedua, walaupun tampak seperti candle isi tapi sebenarnya trade market itu bukan hanya dilihat dari candle saja tapi juga dari sumbu. perhatikan sumbu pada candle putih/candle kedua. sumbunya sampai dibawah open market.

saya ukur jarak antara open market hingga sumbu paling bawah dari candle putih itu mencapai sekitar 88 pip artinya dari open market nilai saham apple sempat turun sebanyak sekitar 88 jika anda melakukan transaksi 0,01 maka profit anda sekitar 0,88 dolar dan jika ada open transaksinya dengan 1 maka profit anda sekita 88 dolar.

Jangan lupa untuk Primus Market ada kebijakan membayar komisi untuk akun tertentu dan nilainya sekitar 10 kali dari nilai open transaksi jadi jika anda open transaksi pada 0,01 maka komisi yang dibayarkan ke broker adalah 0,1 jika anda mendapat profit sekitar 0,88 dolar maka profit bersih/netto yang anda dapatkan adalah 0,88-0,1 yaitu 0,78 dolar.

Sekian berbagi pengalaman trading dengan saya. Semoga ini bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar