HP 7110 Tidak Memiliki Ukuran A3

Troubleshooting Printer HP Officejet 7110 Tidak Memiliki Ukuran Kertas A3

Printer HP Officejet 7110 adalah Printer yang bisa diakses menggunakan 3 macam cara yaitu dengan menggunakan kabel USB, menggunakan akses wireless, dan menggunakan kabel LAN. Printer HP Officejet 7110 adalah salah satu printer yang bisa mencetak kertas ukuran A3. Namun hal ini justru akan jadi kendala jika kita tidak bisa melakukan setting yang membuat kitta bisa mencetak kertas ukuran A3 padahal printer tersebut bisa digunakan untuk cetak kertas ukuran A3 sehingga printer HP Officejet 7110 tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Berikut adalah cara mengatasi masalah ini :

Pada pengalaman dikantor saya HP Officejet 7110 dihubungkan melalui wireless. Berikut adalah cara menghubungkan HP Officejet 7110 via wireless.
1. Menyalakan printer HP Officejet 7110 lalu tekan tombol tombol bergambar wireless dan tahan hingga 3 detik(pastikan sebelum ditekan posisi lampu birunya mati/padam dulu). Jika lampu biru sudah menyala kedap kedip berarti lanjut ke langkah berikutnya.


2. Pada wireless router cari tombol WDS, tekan dan tahan tombol WDS hingga 3 detik dan tunggu sampai nyala lampu biru diatas tombol wireless berhenti berkedip. Jika lampu tersebut sudah berhenti berkedip menandakan bahwa Printer HP Officejet 7110 sudah mendapat IP Address dari wifi.

3. Jika PC kita sudah memiliki driver Printer HP Officejet 7110 maka kita hapus dulu instalasinya. Caranya adalah masuk ke Control Panel - Program and Features lalu pilih HP Officejet 7110 Series Basic Device Software dan uninstall.




4. Jika sudah diuninstall lalu restart PC tersebut

5. Jika PC sudah menyala kembali tekan tombol gambar windows dikiri bawah keyboard lalu tahan dan tekan tombol R (Tombol Windows+R). Ketikkan printui.exe /s dan klik OK.


Jika sudah akan muncul jendela Print Server Properties. Pilih Tab Drivers lalu cari driver bernama HP Officejet 7110. Kebetulan pada contoh ini hanya ada satu sebelumnya saya memiliki 2. Kalo sudah diklik lalu klik Remove. Ikuti Prosedurnya seperti pada gambar dibawah






Jika sudah selesai proses penghapusan drivernya klik OK dan klik Close.

6. Download dulu driver Printer HP Officejet 7110 bisa dicari sendiri atau didownload disini. Jika sudah didownload lalu diinstall. Ini adalah hasil pengecekan Device and Printer pada control panel dimana driver Printer HP Officejet 7110 belum terinstall atau sudah berhasil dihapus.

 
Berikut adalah panduan untuk install driver Printer HP Officejet 7110.













Proses instalasi sudah selesai.

Teman-teman bisa cek di Control Panel untuk Device and Printers apakah driver sudah terinstall atau belum. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini.



Problem sebelumnya adalah ukuran kertas A3 tidak ditampilkan oleh driver printer jika prosesnya sudah dilakukan dengan benar dan sesuai langkah-langkahnya maka ukuran kertas A3 akan muncul kembali seperti sediakala. Ini adalah hasilnya.


Sekian tutorial dari saya Mochamad Zainudin semoga bermanfaat.






6 komentar:

  1. tengkyu bruuh

    terbantu

    semoga sukses

    BalasHapus
  2. sama sama gan, semoga sukses juga gan.

    BalasHapus
  3. Kalo menambah ukuran kertas gimana gan?hp oj 7110

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari menu Devices and Printers pada control panel, klik kiri satu kali pada salah satu gambar icon printer, pada sub menu dibagian atas akan muncul tulisan Print server properties(pada deretan sub menu add a device, add a printer). klik kiri Print server properties dan silahkan mencoba sendiri

      Hapus
  4. makasih gaan,, akhirnya muncul juga paper size A3

    BalasHapus